YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

Abstrak Hypnosis

Kedudukan hypnosis dalam psikoterapi Tujuan utama dalam setiap upaya psikoterapi, dimana terapis mengembangkan iklim psikologis yang tepat bagi klien untuk memulai proses perubahan dan untuk memperoleh kesepakatan demi mempertahankan kemajuan dalam hidup sehari-hari, dianggap sejalan dengan prinsip dasar hypnosis yang menggunakan proses induksi terhadap kondisi kesadaran hipnotik klien.

Berbeda dengan penggunaan hypnosis di masa lampau, sebagai seorang penyihir atau penghibur kelab malam, pada masa kini hypnosis dipergunakan oleh dokter, psikolog, atau suster dalam ruang operasi atau ruang konseling dengan tujuan membantu klien mengatasi rasa sakit atau mengatasi masalah gangguan yang dialami.

Hypnosis adalah sebuah alat yang dipergunakan dalam psikoterapi, namun bukan merupakan psikoterapi yang berdiri sendiri, dengan memanfaatkan status kesadaran hipnotik klien untuk melakukan perubahan terhadap diri mereka.

Hipnoterapi adalah suatu kegiatan psikoterapi yang mempergunakan kondisi hypnosis sebagai bagian dari proses penyembuhan dalam upaya membuka kejadian di masa lampau karena diperkirakan berpengaruh terhadap masa kini.

Hipnoterapi dalam cognitive behavior
Semua pendekatan psikoterapi memiliki kerangka berpikir tertentu tentang karakteristik kepribadian, variable yang berperan, dan rencana bagaimana tingkah laku dapat dirubah. Umumnya identifikasi model psikoterapi disesuaikan dengan aliran teorinya, seperti : psikoanalisa, client centered, eksistensial, humanistik, behavior dan cognitive behavior.

Dalam psikoterapi yang berorientasi teori cognitive bahavior, terapis bekerja pada lingkup pikiran – perasaan – perbuatan, yang sebagian dapat teramati dan sebagian lain tidak. Sementara Hipnoterapi menekankan kepada peran aktif klien untuk menjelajah pikiran, perasaan dan perbuatannya dalam sebuah proses internal dalam diri individu dengan menampilkan imajnasi bebas terhadap diri, luar diri dan kerangka waktu, baik masa lalu, masa kini maupun masa depan.

Proses hypnosis ditujukan kepada upaya memperoleh pencerahan dan pemahaman (insight & understanding), yang sangat berperan dalam upaya modifikasi perilaku secara langsung, termasuk perhatian kepada upaya menghilangkan atau mengalihkan gejala gangguan yang dialami.

Manfaat Hypnotherapy
• Menghilangkan gejala yang tidak diinginkan
• Mengatasi gangguan klinis ringan sampai sedang
• Menumbuhkan motivasi
• Mencapai fungsi kehidupan yang lebih baik.