YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

Tokoh Tokoh Motor Penggerak K3PiK

1. A. Kasandra Putranto, S. Psi., Psikolog

Psikolog dan Direktur Kasandra & Associates (PT. Kasandra Persona Prawacana), penulis buku Cognitive Behavior & Metamorfosis, kolumnis dan nara sumber berbagai media massa (rutin pada Cek Ricek, Natural Health, Spice), Humas Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Bagian Keilmuan Asosiasi Psikologi Forensik, wakil Ketua II Himpunan Psikologi wilayah Jakarta, dan pengajar Psikologi Abnormal di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Menekuni penanganan psikologis klinis untuk anak, remaja dan dewasa, antara lain terhadap anak berkebutuhan khusus, adiksi, masalah keluarga, dan gangguan klinis umum.

 

2. Endang Widyorini, Ph. D., Psikolog

Dosen Magister Psikologi Unika Soegijapranata, Semarang dan Ketua HIMPSI Jawa Tengah. Menekuni penanganan psikologis klinis terutama terhadap anak berkebutuhan khusus dan gangguan klinis umum.

 

3. Evi Tjahjono, S.Psi., M. Gift. Ed., Psikolog

Dosen Fakultas Psikologi dan Program Pendidikan Magister Psikologi Universitas Surabaya, konselor, konsultan pendidikan, dan pendamping program enrichment Pusat Pengembangan Keberbakatan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

 

4. DR. Drg. Julia Maria Van Tiel

Pengajar luar biasa Fakultas Pasca Sarjana Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga tahun 1990–1994. Penulis buku: Anakku terlambat Bicara, anak berbakat yang mengalami disinkronitas perkembangan. Koordinator dan penulis buku-buku panduan bagi guru dan orang tua tentang anak berkekhususan Direktorat PSLB Depdiknas.

 

5. Reni Kusumowardhani, M. Psi., Psikolog

Psikolog di RSUD Cilacap (termasuk melayani Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Cilacap dan Lapas Nusakambangan, Psikolog untuk Anak Berkebutuhan Khusus dalam setting klinis, pendidikan maupun forensik; pengajar tamu di beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta untuk bidang psikologi Klinis, trainer di Badan Narkotika Nasional khususnya di Pusat Terapi dan Rehabilitasi.

 

6. Adi D. Adinugroho Ph.D

Ibu Adi D. Adinugroho adalah, dosen & Spesialis di bidang Pendidikan Khusus di Univeristy of Hawai’I Hilo, USA. Meraih gelar Ph.D dari Purdue University, West Lafayette, Indiana-USA spring 2009. Dengan spesialisasi early childhood & childhood : mild-severe disabilities, focus area kekhususan : LD, ADD/ADHD & EBD. Cognate area: Multicultural Education. A. Memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam mengajar dan penanganan klinis anak- anak berkekhususan terutama mild-severe condition, baik di Indonesia maupun USA. Selama menjalani pendidikan Master programnya beliau menerima Fulbright scholarship dan menjalankan magang sebagai staff klinis untuk Special Education di Center of diagnostic & Psychology Clinic, Ball State University.

 

7. Lia Boediman, MSCP, Psy. D

Psikolog Klinis yang mendapatkan lisensi nya di negara bagian Hawaii, dan menerima gelar Doktor di bidang Psikologi Klinis di Argosy University/ Hawaii pada tahun 2004. Memiliki pengalaman yang luas dalam menyediakan pelayanan kesehatan mental untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dan keluarga mereka. Sebagai penyedia layanan jasa intervensi yang dikontrak untuk Negara Bagian Hawaii Departemen Kesehatan dan Departemen Pendidikan dalam menyediakan evaluasi psikologis; mengembangkan rencana kesehatan mental; menciptakan pendidikan / kurikulum perilaku; melakukan terapi untuk individu, grup, dan keluarga; memberikan pelatihan dan pengawasan master dan tingkat doktor terapis, yang suka bekerja dengan anak-anak muda dan tertarik pada bayi dan anak usia dini )

 

8. DR. Adriana S. Ginanjar, M. Si., Psikolog

Psikolog Klinis, Pengajar dan Kepala Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, serta Pimpinan Mandiga (Sekolah untuk anak Spektrum Autistik), Menangani kasus-kasus klinis anak, remaja, dan dewasa

 

9. Ir. Koeshartati Saptorini

Pemilik dan pengajar di Bimbingan belajar “G-1” Ganesha-One. Sarjana Teknik Lingkungan ITB yang berpengalaman mengajar anak selama 20 tahun karena sejak mahasiswa telah aktif berkecimpung dalam bidang pendidikan, seni, social, dan budaya melalui berbagai organisasi; Barzakh Bandung, PAS Masjid Salman ITB, Gamais ITB, PSTK ITB, dan menjadi pengajar sukarela di SDN pedalaman Cianjur (1993), Penulis buku sains dasar anak dan buku panduan matematika SD SMP (Penerbit MIzan dan Elexmedia Komputindo Gramedia. Beberapa kali memberi pelatihan pada guru dan orang tua “Bagaimana Mengajar Matematika secara Mudah Buat Anak”. Penggagas dan pengasuh grup MKSB (Mari Kita Saling Bantu ABK dan ortu ABK). Merupakan grup belajar bagi orang tua penyandang CP sehingga bisa menterapi anaknya secara mandiri di ruma. Orang tua dari dua anak penyandang CP spastic (anak kedua dan ketiga)

 

10. Reiny Dwinanda, SE

Menjadi wartawan Harian Umum Republika sejak tahun 2001. Pemenang sejumlah lomba jurnalistik di bidang Teknologi Informasi, kesehatan, dan pendidikan. Memiliki kepedulian terhadap masalah sosial, terutama hak-hak anak berkebutuhan khusus, pendidikan, laktasi, lingkungan bebas asap rokok, dan HIV/AIDS. Menjadi kontributor untuk buku national best seller New Catatan Hati Seorang Istri (Asma Nadia Publishing House, 2011) dan antologi kisah inspiratif tentang pasien kanker (segera serbit). Anggota Komunitas Penulis Bacaan Anak. Narasumber pelatihan jurnalistik. Pendongeng. Ibu dari Muhammad Satrio Prabowo (6 tahun), anak yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik dan dianugerahi IQ very superior (131).

 

11. Prof. Dr. Frieda Mangunsong, M. Ed. Psikolog

Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Koordinator Program Magister Terapan Psikologi Trauma dan Bencana (2009), Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (2007), Ketua Pusat Krisis Anti Tindak Kekerasan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (2005 - 2008) hingga saat ini sebagai pengurus (board), Konsultan untuk program pendidikan berbagai sekolah dan institusi.

 

12. dr. Heroe Oentoeng, M. Repro, Sp And.

Dokter spesialis Andrologi, bekerja di Siloam Hospitalis Kebon Jeruk, penulis dan nara sumber di beberapa majalah dan media elektronik, sekretaris 2 Pengurus Pusat Asosiasi Seksologi Indonesia cabang Jakarta, Koordinator Wilayah II Perhimpunan DOkter Spesialis Andrologi Indonesia wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jabar. Menekuni Kesehatan Reproduksi terutama di bidang perkembangan seksualitas pria di masa anak-anak, infertilitas pria, penuaan pria (anti aging medicine) dan seksologi.

 

13. Meiske Suparman, M.Si. Psikolog


14. Dr. Arman Yurisaldi


15. Dr. Yossy Agustanti


16. Yanti Dewi Purwanti,Psikolog


17. Aty Amarvi School


18. Alice Rianto


19. Merry Sadan


20. Viera Adella, M. Psi., Psikolog

Orang tua dari seorang anak berkebutuhan khusus ADHD (usia 16 tahun - SMA kelas 2),Lulus dari UNPAD klinis dan klinis anak.Menyelesaikan riset untuk tesis  dengan fokus ke Parent Skills Training orang tua dengan anak ADHD khususnya Teknik Percakapan  dalam  pergaulan anak  ADHD di         usia 9 - 12 tahun.Mengelola biro "Konselor" di kawasan Cinere.Pengajar honorer di Unika Atma Jaya (sejak tahun 1996 - sekarang) untuk S1 dan S2      Magister Profesi.Konselor grup sekolah GIS Lazuardi (Sekolah Inklusif)                                                                                                       

21. Amanda Margia Wiranata, M. Si., Psikolog

Psikolog Klinis Anak di Kasandra & Associates, Biro Konsultasi Berbagi, Panti Asuhan dan TK Boncel. Nara Sumber di beberapa majalah dan seminar mengenai perkembangan anak.