YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

Kegiatan Yang Sudah Dilaksanakan

1.

Pada tanggal 24 Juli 2010, diselenggarakan Seminar dan Workshop ilmiah dengan tema The Best Future For Special Needs Children di Fakultas Psikologi Universitas Persada YAI Jl. Diponegoro no 74. Jakarta Pusat

 

2. Pada tanggal 20 Mei 2011, K3PiK diterima oleh Ibu Linda Amalia Sari – Menteri Negara urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang pada intinya :

a. Menyambut baik segala upaya yang telah dilakukan tokoh-tokoh K3PIK dalam lingkup kepedulian, penanganan dan pendidikan anak berkebutuhan khusus.

b. Menyepakati perlunya materi -materi edukasi dan informasi seperti brosur / flyer tentang berbagai jenis Anak berkebutuhan Khusus.

c. Menyambut baik usulan untuk melibatkan unit P2TP2A di seluruh Indonesia untuk menjadi pusat informasi ABK.

d. Menyambut baik usulan untuk mendorong terbentuknya Family Support Group di setiap wilayah P2TP2A.

e. Menyadari pentingnya masalah praktek non EBP pada anak berkebutuhan khusus, maka Kemeneg PPA berkenan untuk merekomendasikan K3PIK untuk beraudiensi dengan Kementrian Kesehatan.

f Mendukung prinsip menegakkan EBP tidak hanya bagi anak berkebutuhan khusus, tetapi juga untuk semua anak Indonesia.

g

Mendukung segala upaya meningkatkan kualitas pendidikan di samping juga kualitas ekonomi, karena akan sangat berkait dengam keberhasilan setiap keluarga dalam menghasilkan generasi yang berkualitas bagi masa depan bangsa.

 


 




3. Pada tanggal 13 Juli 2011, K3PiK diterima oleh Drs. Wahyu Widiana, MA - Dirjen Badilag, yang memberikan masukan :

a. Pada dasarnya Pengadilan Agama memiliki prinsip Justice For The Poor. Selama ini BADILAG sudah menerima banyak masukan dari ahli psikolog, berupa tulisan-tulisan untuk dibaca oleh hakim-hakim seluruh Indonesia

b. Dirjen Badilag sangat setuju untuk melibatkan pemeriksaan psikologi dalam kasus perceraian, dan dengan adanya saksi ahli dalam sidang kasus perceraian. Dirjen juga menyadari kasus-kasus perceraian sangat rentan terhadap dampak terhadap anak.

c. Tahun ini 230.000 kasus, 90% perceraian belum melibatkan assessment, pendampingan atau intervensi.

d. Di Australia, perceraian langsung diijinkan setelah pasangan melakukan 12 bulan pisah ranjang dan melakukan mediasi lebih kepada anak dan harta. Di Indonesia mediasi dilakukan kepada orang tua saja, agar tidak jadi bercerai (sehingga lebih banyak formalitas fikih). Oleh karena itu sudah dilakukan berbagai pelatihan kepada hakim, antara lain pelatihan mediasi.

e. Namun di Indonesia, diterapkan cerai hanya sah melalui pengadilan agama. Tidak ada di negara lain perceraian sah di pengadilan agama. Indonesia juga menganut perceraian sulit dan mahal, oleh karena itu dibuat ketat dan mengandung biaya. Namun tetap memperhatikan kaum miskin.

f. Perintah Dirjen mengharapkan ada usulan aplikatif, yang berupa pembekalan edukasi mengenai perceraian. Pembekalan edukasi dapat disosialisasikan kepada masyarakat melalui website: www.situs_ijinpraktekpertemuan/pelatihan.com.

g. Sebaiknya dalam proses sidang perceraian menggunakan saksi ahli yang berkompeten di bidangnya masing-masing, misalnya dokter, psikiater, dan psikolog.

h.

Bahkan Pengadilan Agama juga melayani pernikahan untuk masyarakat yang memiliki disabilitas.


 

 




4.

Pada tanggal 16 Januari 2012, K3PIK menyerahkan brosur tentang 7 topik Kebutuhan Khusus : Autisme, ADHD, Dyslexia, Dyspraxia, Gangguan Bicara dan Bahasa, Cerdas Istimewa, Anak Beresiko – Situasi Beresiko, kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bekerjasama dengan Creative Culture, College Allied Educator, Shining Stars Academy, Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara, Fakultas Psikologi Universitas Pancasila dan Himpunan Perempuan Pengusaha dan Profesi Indonesia.

 


 




5.

Pada tanggal 21 Februari 2012, K3PiK memperoleh kesempatan untuk menyampaikan usulan dalam Public Hearing yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, guna untuk membentuk RUU Anak. Pada acara ini K3PiK diwakilkan oleh Ibu A. Kasandra Putranto, Psikolog dan Ibu Ir. Koeshartati Saptorini

 

6.

Pada tanggal 21 Februari 2012, K3PiK menghadiri rapat pertama yang diadakan oleh Kelompok Kerja (POKJA) penanganan ABK yang dibentuk oleh Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. K3PiK diwakilkan oleh Ibu Viera Adella, M. Psi., Psikolog. Acara ini sekaligus sebagai penanda bahwa K3PiK telah tergabung di dalam POKJA.

 

7.

Pada tanggal 6 Maret 2012, K3PiK menghadiri rapat kedua yang diadakan oleh Kelompok Kerja (POKJA) penanganan ABK yang dibentuk oleh Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Rapat kali ini diselenggarakan dalam rangka Penyusunan Model Penanganan ABK bagi Pendamping. K3PiK diwakilkan oleh Ibu Amanda Margia Wiranata, M. Si., Psikolog.

 

8.

Pada tanggal 30 Maret 2012, Dalam memperingati Hari Anak Nasional 2012, K3PIK bekerjasama dengan KUPU (Komunitas Upaya Perempuanku), IPK (Ikatan Psikologi Klinis) Perwakilan Jakarta, IPP (Ikatan Perempuan Profesional), London School of Public Relations (LSPR), London School Care for Autism Awareness (LSCAA), College of Allied Edocators (CAE), Shining Star Academy (SSA), didukung oleh Kemeterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdungan Anak menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Pada hari Jum'at, 30 Maret 2012, K3PIK telah mengadakan pertemuan dengan peserta acara memperingati Hari Anak Nasional 2012, di mana beberapa peserta menampilkan bakatnya. 9 Pada tanggal 13 April 2012, K3PiK – KUPU

 



 

 

 

 

 

 

 

 

9.

 

Pada tanggal 13 April 2012, K3PiK – KUPU (Komunitas Upaya Perempuanku), IPK (Ikatan Psikologi Klinis) Perwakilan Jakarta, IPP (Ikatan Perempuan Profesional), bersama Ibu Menteri Linda Amalia Sari, S.IP., selaku Ibu Menteri Negara Republik Indonesia Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendukung London School Centre for Autism Awareness (LSCAA) dalam menyelenggarakan serangkaian acara Autism Awareness Festival, yang dibuka dengan peluncuran Jurnal Communicare, bertempat di London School of Public Relations (LSPR), Jakarta. Pada acara tersebut, K3PiK diwakili oleh Ibu A. Kasandra Putranto, Psikolog; KUPU diwakili oleh Ibu Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR; IPK Perwakilan Jakarta diwakili oleh Ibu Amanda Margia Wiranata, M. Si., Psikolog; dan IPP diwakili oleh Ibu Dina Carol dan Ibu Dini Adnan.

 


 



10.

Pada tanggal 14 April 2012, K3PIK (Kelompok Peduli Penanganan dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus), KUPU (Kelompok Upaya Perempuanku), IPK (Ikatan Psikologi Klinis) Perwakilan Jakarta, IPP (Ikatan Perempuan Profesional) bersama Kementerian Negara RI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendukung LSCAA (London School Care for Autism Awareness) dalam Autism Awareness Festival dalam rangka serangkaian kegiatan memperingati Hari Anak Nasional Maret - Juni 2012.

 





11.

Pada tanggal 23, 26, 27 April 2012, K3PIK (Kelompok Peduli Penanganan dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus), KUPU (Kelompok Upaya Perempuanku), IPK (Ikatan Psikologi Klinis) Perwakilan Jakarta, IPP (Ikatan Perempuan Profesional) bersama Kementerian Negara RI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendukung CAE (College of Allied Educators) dan SSA (Shining Stars Academy) dalam Pekan Film Nasional Anak Berkebutuhan Khusus dalam rangka serangkaian kegiatan memperingati Hari Anak Nasional Maret - Juni 2012.

 


 

12.

Pada tanggal 9 Juni 2012, Pentas Aksi Kreasi dan Prestasi Anak Berkebutuhan Khusus "K3PIK (Kelompok Peduli Penanganan dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus) dan KUPU (Komunitas Upaya Perempuanku) didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta IPP (Ikatan Perempuan Profesional)

 


 

13.

Pada Minggu tanggal 13 Januari 2013, K3PIK mendukung Komnas Perlindungan anak bersama Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Anak dan Perempuan dalam Acara Aksi Solidaritas Nasional Darurat Kekerasan Seksual Terhadap Anak dan Perempuan bersamaan dengan Car Free Day, di Bundaran Hotel Indonesia.





 

14.

Pada tanggal 20 Februari 2013, K3PIK mendukung Acara Stop Violence Against Women and Children bersama dengan Kasandra & Associates, Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Himpsi Perwakilan Jakarta, Ikatan Perempuan Profesional Di Fourties Kemang.





 

15.

Pada tanggal 8 Maret 2013, K3PIK, Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Perwakilan Jakarta, Ikatan Perempuan Profesional, mendukung dalam acara pemutaran film perdana : I'am Star (tentang 3 anak autism dan 1 sotosyndrom yang tumbuh jatuh dengan kondisi autism mereka, menginjak remaja dan menemukan pasionnya di musik) di London School of Public Relation.





 

16.

Pada tanggal 20-21 Maret 2013, K3PIK mendukung seminar dan workshop untuk orang tua dan terapis dan guru Anak Berkebutuhan Khusus yang diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Harapan Bangsa (YCHI) di Estubizi Business Center, Gedung setiabudi 2 lantai 1 Jl. HR. Rasuna Said Kav. 62 Kuningan Jakarta





 

17.

Pada Hari Rabu tanggal 20 Maret 2013, K3PIK mendukung Prgram Jakarta Sehat Jiwa dengan menandatangani MOU kerjasama dengan Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Himpsi Jakarta berupa penanganan dan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus sebagai bagian dari kegiatan psikoedukasi peningkatan kesehatan jiwa masyarakat, bekerjasama dengan Yayasan Cinta Harapan Indonesia (YCHI).