YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

Launching Buku: Cognitive Behavior, 30 Juli 2004

 

Buku ini disusun sebagai upaya mensosialisasikan teori Cognitive Behavior kepada masyarakat luas, terutama kalangan praktisi psikologi yang tertarik menekuni pendekatan psikoterapi. Pada prinsipnya teori ini menekankan kepada teknik aplikasi perubahan struktur kognitif, afektif dan konatif terhadap klien-klien dengan masalah klinis, yang diharapkan dapat memicu perbaikan terhadap gejala-gejala klinis yang tidak dikehendaki.

Diyakini bahwa penyimpangan klinis (gangguan kejiwaan) yang terjadi merupakan dampak dari pola pikir yang salah dan atau irrasional, sebagai mekanisme sistem kepercayaan seseorang. Teori ini kemudian menjadi dasar penerapan psikoterapi yang dirasakan efektif pula, karena memenuhi unsur aplikatif yang lebih luas, termasuk di Indonesia. Tujuan terapi Cognitive Behavior adalah untuk mengajak klien menentang pikiran (dan emosi) yang salah dengan menampilkan bukti-bukti yang bertentangan dengan keyakinan mereka tentang masalah yang dihadapi.

Dalam pelayanan terapi, CBT lebih menekankan kepada masa kini daripada masa lalu, namun bukan berarti mengabaikan masa lalu.

Terapi Cognitive Behavior sendiri telah banyak digunakan dalam proses penyembuhan berbagai gangguan dan terbukti efektif dilakukan terhadap klien-klien dengan latar belakang yang berbeda-beda dalam hal pendidikan, penghasilan, usia dan budaya. Demi lebih mendukung proses psikoterapi Cognitive Behavior, penulis menggunakan teknik Hypnosis sebagai bagian dari proses penyembuhan dalam upaya membuka kejadian di masa lampau karena diperkirakan berpengaruh terhadap masa kini.

Hypnosis menekankan kepada peran aktif klien untuk menjelajah pikiran, perasaan dan perbuatannya dalam sebuah proses internal dalam diri individu dengan menampilkan imajinasi bebas terhadap diri, luar diri dan kerangka waktu, baik masa lalu, masa kini maupun masa depan.

Proses hypnosis ditujukan kepada upaya memperoleh pencerahan dan pemahaman (insight & understanding), yang sangat berperan dalam upaya modifikasi perilaku secara langsung, termasuk perhatian kepada upaya menghilangkan atau mengalihkan gejala gangguan yang dialami.

Buku ini juga memberi panduan bagi terapis dan klien dalam melakukan psikoterapi Cognitive Behavior yang dipaparkan secara jelas dan lengkap dengan buku kerjanya.

Sedangkan di akhir buku, penulis juga membahas aplikasi Cognitive Behavior dalam dunia kerja, bagaimana aliran Cognitive Behavior dapat meningkatkan kualitas, kuantitas dan sikap kerja di dalam organisasi.