YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

120727 Cosmo

Setiap orang memiliki kualitas kepribadian yang khas sebagai hasil psikodinamika perkembangan yang khas pula selama kehidupannya, dipengaruhi oleh faktor nature (bawaan) dan nurture (belajar, lingkungan, pola asuh). Kualitas kepribadian yang khas tersebut akan mempengaruhi pilihan sikap, tindakan dan reaksi khas individu terhadap segala hal yang muncul selama masa kehidupan.

Keberhasilan, kegagalan, pencapaian prestasi, kehilangan adalah sekian banyak kejadian dalam kehidupan yang selalu menimpa manusia dalam kehidupannya. Kualitas kepribadian yang khas dari seseorang akan membedakan setiap individu dalam menyikapi segala kejadian dalam kehidupan.

Mengatasi Perasaan

Kehilangan pasangan adalah salah satu kejadian yang memberikan trauma dan kesedihan serta meninggalkan perasaan seolah-olah kita tidak akan dapat menghadapi atau melaluinya. Baik kehilangan pasangan karena penyakit yang panjang atau kehilangan mendadak, segala emosi yang muncul bisa menjadi sangat beragam dan membebani. Kaget adalah reaksi awal, tidak dapat menerima kenyataan bisa jadi muncul setelahnya. Selanjutnya akan muncul perasaan sedih, marah, menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, semua tergantung kepada kualitas kepribadian yang khas yang telah disebutkan di atas. Solusi terhadap kondisi ini hanya satu, yaitu waktu. Berikanlah masa kepada siapapun yang mengalami kehilangan untuk merasakan dan menumpahkan perasaannya. Segala upaya menihilkan, membuang begitu saja atau mengabaikan perasaan tersebut umumnya justru memberikan dampak buruk, dan membuat anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengatasinya. Menipu perasaan dengan tantangan untuk kuat tetapi kenyataannya tidak, juga bukan ide yang baik. Pastikan anda berada bersama teman dan keluarga yang mampu menemani anda dalam mengatasi perasaan ini. Memberikan batas waktu kepada diri sendiri akan lebih berhasil daripada dipaksa untuk segera mampu mengatasi perasaan.

Memberi makna kepada kehidupan dan berupaya menghimpun pengalaman menyenangkan

Upaya untuk maju ke depan dan terus menjalani karunia hidup tidak berarti melupakan pasangan. Setelah masa bersedih berlalu, kita perlu memaknai kehidupan dan memaknai kehilangan. Pemberian makna yang tidak tepat seringkali membuat masa bersedih dan rasa pedih berkepanjangan. Tingkat religiusitas dan keyakinan seseorang sebagai bagian dari kualitas kepribadian turut membantu proses pemaknaan ini. Mereka yang mampu memberikan makna positif dan meyakini bahwa segala hal yang terjadi memang harus terjadi dan yang terpenting adalah bagaimana menjalani kehidupan setelahnya. Pada sebagian orang menyimpan barang kenangan mungkin menjadi suatu keharusan dan mampu memberikan perasaan nyaman, tetapi pada sebagian orang lain menyimpan barang kenangan bisa jadi justru menimbulkan dampak yang tidak sehat bagi diri. Kenanglah setiap momen berharga yang pernah terjadi bersama pasangan, tidak untuk disesali kepergiannya, tetapi untuk disyukuri bahwa pernah ada karunia momen berharga itu dalam kehidupan anda. Sebagian orang lain mungkin menyalahkan dan menuntut sebaiknya momen itu tidak pernah ada dalam kehidupannya daripada harus menanggung rasa kehilangan. Namun semua itu adalah pilihan. Kehadiran pasangan dalam hidup adalah salah satu karunia dalam kehidupan yang harus disyukuri bukan disesali, walaupun singkat masanya. Kita tidak perlu berhenti berpikir tentang pasangan untuk bisa melanjutkan kehidupan, kita hanya perlu menerima kenyataan bahwa mereka tidak akan kembali lagi.

Melanjutkan kehidupan

Walaupun seseorang sudah kehilangan pasangan, siapapun tetap berhak untuk mengecap kebahagiaan. Melanjutkan hidup tidak berarti mengkhianati pasangan. Ambillah langkah kecil untuk mampu merasa nyaman dan melanjutkan hidup. Mencari pasangan baru pasti akan sulit di awal dan tidak mungkin kita akan dapat menemukan pasangan yang serupa tapi tak sama. Anda hanya perlu meluangkan waktu bersama teman dan keluarga bahkan orang-orang baru dan menjalankan rutinitas kehidupan, bekerja, mengurus anak, atau melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi diri.

Fira adalah seorang individu yang cukup unik, dibalik kualitas feminin dan kecintaannya terhadap fashion yang luar biasa, ia adalah seorang individu yang maskulin (tomboy), tidak diragukan lagi kapasitas dan minatnya dalam kegiatan-kegiatan yang umumnya didominasi kaum pria. Dengan karakteristik psikodinamika perkembangan yang khas dari seorang ayah dan ibu yang memberikan peran dalam hidupnya, Fira telah mengembangkan kualitas ketangguhan fisik dan mental yang luar biasa. Variasi peran yang dimilikinya sebagai ibu, istri, anak, pimpinan, kolega, teman, dan yang terpenting sebagai seorang perempuan yang mandiri, hangat, tangguh, namun peka dan mampu memberikan penghayatan maksimal kepada setiap pemaknaan kehidupannya. Fira telah membuktikan bahwa ia mampu mengatasi berbagai perasaan yang berkecamuk dalam hatinya, memaknai kehidupan, dan melanjutkan kehidupannya, bahkan mampu memberikan inspirasi kepada keluarga dan orang lain bahwa kehidupan dan segala hal yang melekat padanya sebagai sesuatu yang sangat berarti dan berharga.