YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

1302 Beutica

AFEKTIF MEMILIH PROSEDUR BEDAH PLASTIK

 

Memilih prosedur bedah plastik bukan perkara mudah, seperti membalikkan tangan. Diperlukan ketelitian, bukti-bukti yang lengkap dan referensi dari berbagai sumber terpercaya. Jangan sembarangan memilih prosedur bedah plastik yang belum tentu Anda butuhkan!

 

BODY DIMORPHIC DISORDER

 

Menurut Psikolog Kasandra Putranto, booming-nya bedah plastik di Indonesia disebabkan karena jumlah dokter ahli kecantikan yang semakin banyak sehingga selalu bekerja di rumah sakit melainkan juga bisa di klinik kecantikan. Bedah rekonstruksi untuk wajah dan tubuh, diperlukan untuk daerah yang rusak akibat kecelakaan atau kecacatan. Tapi kalu memang tidak disebabkan karena apa-apa, kenapa harus dilakukan perbaikan? ujar Kasandra.

 

selain teknologi yang semakin canggih, banyak dokter yang mempromosikan suatu presdur bedah plastik. Menurut Kasandra, secara psikologis pasien memang mudah percaya karena informasi datang dari dokter yang bersangkutan. Namun ketika pasien melakukan crosscheck dengan dokter lain, bisa jadi pasien tidak harus melakukan prosedur tersebut.

 

Ada yang mengatakan boleh, ada yang mengatakan tidak boleh. kondisi ini membuat masyarakat bingung. Saya juga pernah mengalami hal demikian. Untungnya saya adalah pasien yang tidak punya kompleksitas terhadap tubuh saya. I'm fine with my self, I'm happy, I'm proud, and I don't need anything. Jadi sebenarnya, ketika si Dokter bertemu dengan karakter psikologis yang kuat, maka tidak akan ada masalah.

 

Seseorang yang tidak memiliki karakter psikologis yang kuat, biasanya akan menerima promosi dari dokter tersebut dan akhirnya mau melakukan tindakan bedah plastik. Jika ada seseorang yang kurang tinggi, kurang seksi, kurang mancung, kurang putih, kurang ini dan kurang itu, maka cara promosi ini pasti akan mempengaruhi psikologisnya. ini disebut Body Dysmorphic Disorder (BDD). BDD adalah ketidakpuasan yang ekstrim terhadap penampilan. ini menjelasakan kondisi seseorang yang terus menerus merasa cemas dengan kekurangan fisik minor atau bahkan kekurangan imajiner dirinya. orang yang mengalami BDD tidak hanya bisa merasa tertekan tetapi bahkan bisa gagal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar dsb.

 

HASILNYA BELUM TENTU SESUAI

 

Kondisi BDD pada seseorang akan klop jika orang tersebut bertemu dengan dokter yang suka berpromosi datau bertemu dengan oknum yang tidak bertanggung jawab. Yang di khawatirkan, bila pasien datang kepada oknum yang mengaku dokter dan tidak bertanggung jawab akan mengatakan yang tidak sesuai dengan prosedur. Lama kelamaan pasien tersebut akan menjadi adaktif.

 

Kombinasi antara keadaan psikologis pasien dan tawaran yang tidak berdasarkan fakta, tentu membuat kondisi yang tidak nyaman. Dokter-dokter yang kompeten justru akan menjelaskan berdasarkan bukti-bukti yang nyata, dokter yang berpengalaman, pasti akan menjelaskan sesuai dengan evidence based. ini boleh atau tidak, dan semua hasil, bahkan efek samping, tentu akan dijelaskan dengan benar. Bertanya kepada beberapa dokter bedah plastik juga dianjurkan untuk mengetahui apakah memang prosedur itu bisa dilakukan, bagaimana hasilnya dsb. Tanyakan juga pada si dokter mengenai hasil operasi pasien lain dengan umur yang sama dengan Anda.


MASYARAKAT INDONESIA MUDAH PERCAYA

 

Seorang dokter yang memiliki kredibilitas dan pengalaman yang bagus, serta rasa tanggung jawab yang tinggi biasanya tidak melakukan promosi tindakan bedah plastik yang belum tentu tepat untuk si pasien. Begitu banyak promosi sehingga banyak masyarakat Indonesia yang mudah percaya. Seharusnya, kalaupun ada promosi, haruslah diarahkan agar mereka berpikir apakah prosedur bedah plastik itu memang penting atau tidak, karena tujuannya adalah untuk membuat orang menjadi lebih baik, bukan malah menjadi buruk.

 

Yang tak kalah penting adalah melakukan edukasi kepada masyarakat Indonesia bahwa tidak semua yang hitam itu jelek dan putih itu bagus. Dari sisi psikologis, seseorang juga harus merasa nyaman dan percaya terhadap diri sendiri. Kadang-kadang masyarakat kita juga luaar biasa menekan kita untuk tampil cantik. Kita berharap agar Masyarakat Indonesia tidak lagi dibayang-bayangi oleh kondisi bahwa tampil cantik dan seksi itu harus didapat dengan melakukan bedah plastik.

 

TIPS AGAR TIDAK SALAH MELAKUKAN PROSEDUR BEDAH PLASTIK

 

  • Cari Dokter yang kompeten dibidangnya
  • Jangan hanya berpatokan dari satu dokter saja. cari alternatif dokter bedah plastik yang lain agar mendapat kepastian bahwa suatu prosedur bedah plastik memang tepat untuk Anda dan akan membuat Anda tampil lebih baik, bukan membuat Anda lebih buruk.
  • Browsing di Internet juga penting, dari website yang terpercaya kebenarannya. Cari tau apa saja kelebihan dari dokter yang akan Anda pilih untuk prosedur bedah plastik. Ingat, tidak semua prosedur bedah plastik akan berjalan aman dan baik. Ada yang gagal, bahkan bisa menyebabkan kematian.
  • Usahakan mencari relasi atau teman yang juga seorang dokter bedah plastik. Ini penting karena kenalan atau relasi ini bisa memberitahukan apakah prosedur bedah plastik tersebut memanng perlu atau tidak, apakah akan menimbulkan dampak yang buruk atau tidak, dsb.