YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

130906-19 Info Kecantikan

Vaginismus bisa diatasi dengan senam Kegel dan Yoga

 

Trauma dan takut berhubungan intim dengan suami, mungkin agak terdengar aneh bagi kaum hawa. Namun kenyataannya memang tak sedikit wanita yang mengalaminya. Kondisi yang demikian merupakan disfungsi seksual atau gangguan seksual yang disebut vaginismus atau gancet. Meski terdengar kurang familier, tetapi disfungsi seksual yang satu ini banyak dialami oleh kaum hawa.

 

Disfungsi seksual yang menyerang kaum hawa ini, banyak berpengaruh pada suaminya karena seorang wanita yang mengalami vaginismus tidak dapat melakukan hubungan seksual karena otot-otot vagina menegang ketika akan bercinta. Tentu hal ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa menyebabkan pasangan suami istri tiidak dapat memiliki anak, serta berujung pada kehidupan rumah tangga.

 

Vaginismus menyerang kaum hawa dari berbagai usia, baik yang baru menikah maupun yang sudah berkali-kali menikah. Karena itulah untuk mengetahui penyebab vaginismus harus ditelusuri dengan akurat darimana asal rasa sakit tersebut. Jika rasa sakit timbul dari faktor fisik maka masalah tersebut harus diobati oleh dokter. Tetapi jika masalah disebabkan oleh faktor psikis maka harus ditangani oleh psikolog. Sebagian besar masalah vaginismus terjadi karena faktor fisik dan faktor psikis yang sudah parah.

 

Vaginismus dibedakan menjadi dua jenis, yaitu vaginismus sekunder dan primer. Vaginismus sekunder adalah jenis vaginismus yang masih dalam tahap ringan dan dapat disembuhkan dengan menjalankan anjuran serta arahan yang disarankan oleh dokter dan psikolog. Sedangkan primer merupakan vaginismus yang sudah dalam tahap berat. Vaginismus primer ini dapat disembuhkan jika terdapat keinginan dan tekad yang kuat untuk sembuh dari seseorang.

 

Vaginismus bisa disembuhkan, namun lamanya proses penyembuhan tergantung dari tingkat keparahan dan tergantung dari seseorang penderita vaginismus untuk sembuh. Lantas bagaimana untuk menyembuhkan vaginismus?

A. Kasandra Putranto, psikolog mengatakan dalam menangani vaginismus seorang psikolog harus mendapatkan kepercayaan dari pasien itu sendiri, karena biasanya sudah terdapat mental menutup diri. Ada beberapa tahapan untuk menyembuhkan vaginismus, antara lain :

 

 

  • Melalukan pengobatan medis terlebih dulu, karena vaginismus juga menyangkut masalah fisik sehingga hanya dokter yang dapat mengetahui dan menanganinya.
  • menangani rasa takut dari pasien vaginismus dengan menggunakan beberapa mekanisme. Misalnya relaksasi, desensitisasi sistematis untuk mengurangi ketegangan, serta latihan-latihan fisik dan psikologi lain seperti senam kegel yang membatu mengatasi vaginismus.
  • kepercayaan pasien terhadap dokter dan psikolog yang menangani masalah vaginismusnya.
  • Membangun komitmen antara penderita dengan psikolog dan dokternya terlebih dahulu mengenai apa yang diinginkan pasien.
  • setelah berkomitmen dengan baik, maka dilakukan sebuah intervensi pikiran dalam diri pasien.
  • intervensi juga dilakukan dari perasaan pasien. Ketika pasien mengatakan sakit dan takut, maka ia harus berani melawan serta mengatasi rasa sakit dan takutnya secara perlahan-lahan.
  • Intervensi dari perbuatan atau tindakan pasien yang tanpa sadar pikirannya berusaha menarik otot-otot vaginanya menjadi tegang. Hal ini dapat diatasi dengan latihan-latihan relaksasi yang dapat membuat relaks.

 

Biasanya untuk mengatasi masalah vaginismus, psikolog dan dokter akan meberikan saran untu melatih otot panggul dengan latiham senam panggul atau kegel serta yoga untuk merelaksasikan diri pasien tersebut. Olah raga kegel dan yoga ini dapat dilakukan setiap haru di waktu senggang selama 5 -10 menit. Hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah vaginismus berkaitan denga fobia dan perasaan sehingga harus ada intervensi yang terintegrasi dimulai dari perubahan pola pikir sampai latihan atau praktik untuk latihan fisik pasen tersebut. Sementara untuk mencegah vaginismus adalah dengan melakukan konseling sebelum nikah, serta melakukan olahraga kegel dan yoga yang rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal.