YouTube Gallery

Youtube Gallery: Video List and Theme not selected.

Join Our Facebook

140108 Indopos

PENGARUH GAME, ANAK MALAS BERGERAK DAN BERAKTIVITAS

 

Demam piala dunia mulai merambah indonesia. Momen tersebut dimata psikolog dapat dimanfaatkan para orangtua salah satunya meningkatkan kesadaran berolahraga bagi keluarga. Tema itu dibahas dalam tolkshow Ibu Juara Untuk Keluarga Segar di Jakarta dalam rangkaian FIFA World Cup Trophy Tour 2014.

 

Kehadiran Humas Ikatan Psikologi Klinis, Kasandra Putranto menjelaskan bahwa banyak memanfaatkan momen piala dunia. Tujuannya untuk memacau keluarga untuk berolahraga dan anak bergerak aktif. Dijelaskan Kasandra, ibu bisa memanfaatkan momen Piala Dunia untuk mengajak keluarga berolahraga. Peran ibu untuk keluarga besar sekali, karena kebiasaan itu muncul dari keluarga. Ibu sebagai agen perubahan dalam keluarga, jelasnya.

 

Para psikolog mendukung tentang keluarga segar, ujarnya. Termasuk Jakarta ini harus lebih sehat bahwa anak-anak, remaja, dan para ibu. "Sehat itu fisik, mental dan sosial harus seimbang untuk meningkatkan kebahagiaan dalam keluarga," ungkapnya. Pada 2014 kali ini masyarakat Psikolog ingin hal itu dijadikan gerakan nasional. Para Psikolog peduli bahwa anak-anak sekarang dari kecil dibiasakan nonton TV sendiri. Padahal di Amerika anak dibawah usia dua tahun hanya boleh terpapar kurang dari jam sehari. "Tapi kenyataannya di Indonesia cenderung anak dibiarkan. Kami juga melakukan kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi untuk mendukung program anak terkiat dengan teknologi IT. sehingga anak Indonesia dapat tumbuh berkembang normal dimasa anak-anak," terangnya. Belum lagi ditambah dengan penggunaan teknologi seperti Ipad, Black Barry bisa yang menjadi andalan orangtua agar anak tidak rewel. Gerakan fisik menjadi kurang karena anak terlalu banyak main game. Dari sisi tangan, kurang gerak yang bisa berdampak pada kesehatan. Kegiatan outdoor malas. "Anak-anak tidak mau capek dan lelah. Padahal ada game, ada juga gerakan kekerasan, pornografi," jelasnya.

 

Dicontohkan Kasandra, di Inggris sudah ada klinik untuk mengatasi problem media sosial. Di luar negeri sekolah juga tidak mau belanja main game bola di indoor. Sehingga mereduksi kegiatan di luar sekolah, outdoor sehingga mengurangi gerak aktif berdampak pada kesehatan dan psikologis. Untuk itu program Jakarta Sehat mendukung kehidupan masa depan bangsa. Dalam fisik ada sehat dan bugar.

 

Dalam psikologis emotional intelligent. kebugaran emosi artinya bisa marah, nangis bisa saja dikeluarkan asalkan bisa kembali bugar. Kematangan emosi itu dikelola untuk ditampilkan atau tidak. Untuk itu manusia memiliki fisik mental sosial pun harus sehat dan bugar. Sebab itu membuat aktivitas antara masyarakat itu perlu. "Kami para psikolog mendesak kaum ibu yang berperan penting kepada masyarakat. Fokus dan berperan sebagai sumber informasi. Ibu harus banyak baca supaya mempunyai informasi banyak," terangnya.

 

Selain itu, trophy Piala Dunia melakukan perjalanan ke 90 negara sejak 14 September 2013. Trophy dengan material emas seberat enam kilogram itu hanya bisa disentuh oleh presiden dari negara yang menyambanginya. kehadirannya di Jakarta berlangsung selama tiga hari untuk dapat disaksikan masyarakat Indonesia penggemar bola.